ANALISIS
KOMPETENSI DASAR
I. TEKS
BERITA
3.1Menelaah
struktur dan kebahasaan teks berita
yang didengar dan dibaca
3.1.1 Menjelaskan
struktur teks berita (C2)
3.1.2 Menelaah
struktur teks berita yang dibaca (C4)
3.1.3 Menjelaskan
kaidah kebahasaan teks berita (C2)
3.1.4 Menelaah kaidah kebahasaan teks berita yang dibaca
(C4)
4.1Menyajikan
data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan
struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi,
mimik,
kinesik).
4.1.1 Menentukan
objek yang akan diangkat sebagai bahan menulis berita (C6)
4.1.2 Menentukan
pokok-pokok berita (C6)
4.1.3 Menyusun teks
berita berdasarkan pokok-pokok berita
dengan memperhatikan struktur dan
kebahasaan teks berita (C6)
II. TEKS
IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER
3.2 Menelaah pola penyajian dan
kebahasaan teks iklan, slogan, atau
poster dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
3.2.1 Menjelaskan
perbedaan iklan, slogan atau poster (C4)
3.2.2 Membandingkan
pola penyajian dan penggunaan bahasa dalam
iklan, slogan, atau poster yang dibaca (C4)
3.2.3 Menginterpretasi
makna informasi tersirat iklan slogan atau poster (C5)
4.2 Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk
iklan, slogan, atau poster secara lisan dan
tulis.
4.2.1 Menganalisis
model iklan yang tersaji (C3)
4.2.2 Menyajikan
gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan (C6)
4.2.3 Menyajikan
gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk slogan (C6)
4.2.4 Menyajikan
gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk poster (C6)
III.
TEKS EKSPLANASI
3.3 Menelaah teks eksplanasi yang
diperdengarkan atau dibaca.
3.3.1 Menjelaskan
pola pengembangan teks eksplanasi berdasarkan isinya (C3)
3.3.2 Menelaah
pola pengembangan cuplikan teks eksplanasi yang dibaca (C3)
3.3.3 Menjelaskan
struktur teks eksplanasi (C3)
3.3.4 Menelaah struktur teks eksplanasi yang dibaca (C4)
3.3.5 Menjelaskan
kaidah kebahasaan teks eksplanasi (C2)
3.3.6 Menelaah
kaidah kebahasaan cuplikan teks
eksplanasi yang dibaca (C4)
4.3 Menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi secara
lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek
lisan.
4.3.1 Menyusun
kalimat - kalimat tersaji sesuai dengan pola pengembangan yang
benar (C6)
4.3.2 Menulis teks
eksplanasi berdasarkan data dan informasi yang dibaca dengan memperhatikan
struktur dan unsur kebahasaan (C6)
Sinjai
, 12 Juli
2021
Mengetahui,
Kepala
Sekolah, Guru Mata
Pelajaran,
NASIBAH,S.Pd.M.Pd. Dewi
Ulfah, S.Pd
NIP. 19650903 198703 2 015 NIP.
19971202 202012 2 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar